about us

Kamis, September 13, 2012

Waspadai Puting Beliung di Kabupaten Bandung

SOREANG, (PRLM).- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Marlan meminta, warga untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap bencana angin kencang atau angin puting beliung. Hal ini lantaran angin kencang diperkirakan akan terus terjadi beberapa pekan hingga bulan ke depan.
"Perubahan iklim sudah mulai terlihat. Seperti sebelumnya, musim kemarau terjadi cukup lama. Dan saat ini, musim penghujan sudah mulai terlihat. Memasuki musim penghujan ini, warga Kabupaten Bandung diminta harus selalu waspada," ujar Marlan, Kamis (13/9/12).
Menurut Marlan, musim penghujan kali ini sepertinya akan terjadi cukup panjang. "Meski demikian, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kita harus selalu tetap waspada. Kewaspadaan terhadap cuaca angin kencang seperti saat ini," katanya.
Lebih jauh, Marlan menjelaskan, dari 31 Kecamatan di Kabupaten Bandung, ada delapan Kecamatan yang rawan akan adanya puting beliung yakni, Bojongsoang, Baleendah, Banjaran, Arjasari, Katapang, Rancaekek, Ciparay, Cicalengka.
"Angin kencang besar kemungkinan terjadi sebelum hujan turun. Adapun di antara ciri terjadinya angin puting beliung adalah suhu udara awal yang terasa panas dan awan pun cenderung sumuk, berubah menjadi abu-abu dan menjadi hitam pekat," ujarnya.

sumber : pikiran-rakyat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar